Kamis, 17 April 2014

Analisis Puisi Tentang Cinta dan Kasih Sayang



Pengertian Cinta Kasih

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.
Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya. Kasih yang bersumber dari cinta yang mendalam adalah kasih yang dapat diwujudkan secara nyata.

Dr. Sarlito W. Sarwono mengemukakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan, seperti yang diilustrasikan dalam bentuk segitiga.
1.      Keterikatan adalah perasaan hanya untuk bersama dia (significant other) serta ada perasaan kurang enak bila dia tidak ada didekat saya.

2. Keintiman adalah perasaan bahwa antara saya dan dia sudah tidak ada perbedaan dan tak ada jarak antara kebiasaan dia dan saya.

       3. Kemesraan adalah rasa saling menyayangi yang diungkapkan dalam tindakan fisik   seperti membelai dan berpelukan, serta rasa rindu bila tak lama bertemu, dan rasa bahagia bila kita akhirnya bersama lagi.

Menurut Maha Guru Ching Hai
Cinta hadir di antara Anda, bahkan terkadang di antara musuh. Dengan cinta ini, kita dilahirkan. Bahkan sebelum kita datang ke sini, kita telah memiliki cinta ini; namun lama-lama, selain masyarakat menanggalkannya atau pengalaman buruk membuat kita kecewa, kita kemudian menguncinya. Kadang kita hanya menutup pintu, kita tidak menguncinya;  tapi setelah dua bulan atau dua apapun, kita benar-benar menguncinya dan kita tidak ingin membukanya lagi lalu membuang kuncinya.
Jadi, cinta itu tidak memiliki kesempatan untuk berkembang lagi, untuk membuka diri dan menyebar ke segala penjuru. Bila kita terus berpegang pada cinta tersebut, kita tidak akan pernah kehilangannya. Bila kita kehilangan cinta, itu karena kita menginginkannya; kita hanya ingin bertindak yang berlawanan dengan cinta. Jika tidak, setiap orang dapat benar-benar kehilangan cinta, kapan saja; dengan alasan apapun. Hidup ini sudah cukup membuat kita kehilangan segalanya, belum membahas perihal cinta! Tetapi kita selalu memilikinya, hanya saja kita harus menggunakannya, karena hanya itu yang kita miliki. Itulah diri kita: cinta. Bila kita tidak menggunakannya, maka tentu saja ia menjadi seperti tertutup atau menyusut; ia masih ada di sana, hanya saja tidak berkembang, tidak diperbarui, tidak digunakan atau dimanfaatkan dalam hal apapun.
Contoh Puisi Cinta Kasih
Judul : Dimana Tempat Cinta Sejati
Oleh : Rizky AP
Bukan di rimba lebat & sunyi,
Bukan di puncak bukit yg tinggi,
Bukan dipinggir samudera yg sepi

Jangan dicari tempat memuja
Dikuil tmpat membakar dupa
Di dalam goa tempat bertapa

Bukan di mahligai batu pualam
Di katil berhias permata nilam
Di dalam surga, di luar alam

Cinta sejati lekat pd kita
Bernyala-nyala waktu bekerja
Untuk bahagia dunia raya

Bernyala-nyala sewaktu bekerja
Dimana semati,seniat, sedasar.

Sumber:
1.       Buku ilmu Budaya Dasar
3.       http://www.godsdirectcontact.or.id/news/news203/mt_0.htm





.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar