KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Arti
komunikasi adalah sebagai alat penyampai informasi dari satu pihak kepada pihak
yang.komunikasi dibagi menjadi 2 jenis,yaitu verbal dan nonverbal. Komunikasi
verbal itu adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tulisan sedangkan
komunikasi nonverbal itu kita bisa mengetahui komunikasinya dari raut wajah
seseorang dan intonasi suaranya.
Komunikasi sangat dibutuhkan sekali didalam
suatu organisasi. Agar setiap informasi dapat tersampaikan kepada seluruh
anggota organisasi tersebut.komunikasi bisa dikatakan bukan hal yang mudah
juga. Banyak beberapa diantara anggota organisasi yang masih perlu berlatih
lagi dalam hal berkomunikasi. Sebagai contoh,kesalahpahaman yang terjadi sesama
anggota organisasi karena komunikasi diantara mereka kurang baik satu sama
lain.
Maka dari
itu setiap anggota organisasi seharusnya diwajibkan untuk terus berkomunikasi
dengan baik, Karena komunikasi itu adalah kunci utama dalam menjalankan suatu
organisasi agar organisasi tersebut bisa berjalan dengan lancar dan bisa
memecahkan masalah yang sedang dihadapi.
Pertanyaan :
1. Pertanyaan : Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan pasif.
Bagaimana cara komunikasi antara yang aktif dan pasif itu bisa menjadi lancar ?
Jawab :
Didalam suatu organisasi itu kita harus melakukan musyawarah untuk bisa
saling bertukar pikiran. Caranya yang aktif tersebut merangkul yang pasif
tersebut agar yang pasif itu bisa menjadi aktif. Salah satunya dengan membuat
suatu event agar organisasi itu bisa saling bekerjasama.
2. Pertanyaan : Jenis-jenis komunikasi yang paling efisien !
Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka
berkomunikasi secara langsung tanpa adanya perantara.
3. Pertanyaan :Sebutkan jaringan
komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan !
Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara
langsung tanpa perantara.
4. Pertanyaan :
Cara memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam
organisasi !
Jawab : Mengatasi dengan umpan balik, penerima harus mengetahui latar
belakangnya, dan susun informasi secara rinci.
5. Pertanyaan : Upaya agar organisasi
itu bisa menjadi lebih eksis dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal !
Jawab : Dalam suatu organisasi harus bisa berkomunikasi dengan baik
salah satunya komunikasi antara atasan dengan bawahannya. Kalau komunikasinya
baik otomatis organisasi itu akan tetap eksis.
6. Pertanyaan :Contoh kasus masalah
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !
Jawab :Contoh kasusnya ada salah satu perusahaan yang meminta atasannya
agar perusahannya maju kembali. Salah satunya intansi IBM, intansi ini nonaktif
dalam produksi, ia meminta masukkan agar instansi itu bisa berdiri kembali dan
menjadi aktif lagi.
7. Pertanyaan : Faktor utama yang menghambat suatu
komunikasi dalam organisasi !
Jawab : Didalam suatu organisasi pasti ada
saja hambatannya. Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam
organisasi yaitu faktor manusiawi dan faktor emosional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar