Sabtu, 22 November 2014

Resume Kelompok 4

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Arti komunikasi adalah sebagai alat penyampai informasi dari satu pihak kepada pihak yang.komunikasi dibagi menjadi 2 jenis,yaitu verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal itu adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tulisan sedangkan komunikasi nonverbal itu kita bisa mengetahui komunikasinya dari raut wajah seseorang dan intonasi suaranya.
 Komunikasi sangat dibutuhkan sekali didalam suatu organisasi. Agar setiap informasi dapat tersampaikan kepada seluruh anggota organisasi tersebut.komunikasi bisa dikatakan bukan hal yang mudah juga. Banyak beberapa diantara anggota organisasi yang masih perlu berlatih lagi dalam hal berkomunikasi. Sebagai contoh,kesalahpahaman yang terjadi sesama anggota organisasi karena komunikasi diantara mereka kurang baik satu sama lain.
Maka dari itu setiap anggota organisasi seharusnya diwajibkan untuk terus berkomunikasi dengan baik, Karena komunikasi itu adalah kunci utama dalam menjalankan suatu organisasi agar organisasi tersebut bisa berjalan dengan lancar dan bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi. 




Pertanyaan :
1.     Pertanyaan : Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan pasif. Bagaimana cara komunikasi antara yang aktif dan pasif itu bisa menjadi lancar ?
 Jawab :  Didalam suatu organisasi itu kita harus melakukan musyawarah untuk bisa saling bertukar pikiran. Caranya yang aktif tersebut merangkul yang pasif tersebut agar yang pasif itu bisa menjadi aktif. Salah satunya dengan membuat suatu event agar organisasi itu bisa saling bekerjasama.

2.     Pertanyaan : Jenis-jenis komunikasi yang paling efisien !
 Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa adanya perantara.

3.      Pertanyaan :Sebutkan jaringan komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan !
  Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa perantara.

4.      Pertanyaan :
Cara memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam organisasi !
  Jawab : Mengatasi dengan umpan balik, penerima harus mengetahui latar belakangnya, dan susun informasi secara rinci.



5.      Pertanyaan : Upaya agar organisasi itu bisa menjadi lebih eksis dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal !
  Jawab : Dalam suatu organisasi harus bisa berkomunikasi dengan baik salah satunya komunikasi antara atasan dengan bawahannya. Kalau komunikasinya baik otomatis organisasi itu akan tetap eksis.

6.      Pertanyaan :Contoh kasus masalah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !
  Jawab :Contoh kasusnya ada salah satu perusahaan yang meminta atasannya agar perusahannya maju kembali. Salah satunya intansi IBM, intansi ini nonaktif dalam produksi, ia meminta masukkan agar instansi itu bisa berdiri kembali dan menjadi aktif lagi.

7.    Pertanyaan :  Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam organisasi !
 Jawab : Didalam suatu organisasi pasti ada saja hambatannya. Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam organisasi yaitu faktor manusiawi dan faktor emosional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar